Minggu, 08 Februari 2015

TOKO MEMORABILIA





Sosial media telah memberi kontribusi besar dalam membentuk, merubah dan bahkan menghilangkan berbagai tatanan dan sistem sosial  yang selama ini berlaku di dalam masyarakat. Sosial media juga telah membuka beragam peluang, kemungkinan dan interaksi baru dalam transaksi ekonomi. 

Facebook, Twitter, Path, Instagram dll telah menjelma menjadi sebuah pasar yang dipenuhi berbagai transaksi ekonomi. Beragam aneka barang dan jasa dapat dengan mudah ditemui di berbagai media sosial itu. Mulai dari hal-hal yang lumrah seperti properti, kendaraan, fashion, agen perjalanan wisata, umroh, dsb sampai pada hal-hal yang tidak lumrah seperti sex, pelangsing dan penambah tinggi badan, aneka pusaka keramat dsb.

Begitupun juga dengan dunia periklanan. Banyak hal baru yang muncul di seputar dunia perkilanan. Bagaimana iklan bisa dapat diterima dengan mudah dan cepat. Apapun caranya. Berbeda dengan iklan-iklan yang ada di tv,  iklan-iklan di media sosial justru bisa menjelma menjadi teror yang kerap menghantui kita tanpa bisa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Toko Memorabilia adalah respon saya dalam menyikapi berbagai modus transaksi dan beragam ‘aksi teror’ yang terjadi di media sosial. Dengan membuka on-line shop yang menjual berbagai aneka barang komoditi fiktif, Toko Memorabilia hadir dan turut 'meramaikan' geliat perekonomian di lini masa kita. 




Agan Harahap 
*Seniman fotografi yang tinggal dan menetap di Yogya