Kamis, 11 Juli 2013

KUOTA #4 : Kepingan



Karya seni rupa di sekitar kita – setidaknya sejak dekade 70an- makin tampak sebagai tanda kehadiran atau presentasi yang jamak. Ungkapan rupa tidak melulu menampilkan diri sebagai yang utuh atau tunggal, yang tak terbagi. Sebaliknya, seniman kerapkali menampilkan strategi artistik yang mengesankan rupa himpunan bagian, kepingan atau penggalan. Presentasi yang satu atau yang amung, yang cenderung mengesankan kehadiran yang serba-singular menjauh dari penglihatan kita. Presentasi yang tunggal digantikan oleh rangkaian yang saling terhubung, fragmentaris, yang sambung-putus, mengesankan tata ungkapan rampak (selaras).
Melalui ungkapan rupa yang jamak, tampillah karya-karya yang mengandung ungkapan baru, seperti misalnya karya rangkaian atau serial, perulangan, sebagai himpunan acak kepingan-kepingan atau serangkaian salinan. Kepingan-kepingan sebuah karya menunjukkan relasi analogis (menampilkan segi-segi kesamaan dan kebedaan), sekaligus setara-makna, atau merepresentasikan satuan makna di dalam kepaduan mata-rantai makna-makna. Pokok soal karya tidak lagi tampak sebagai satuan yang cukup diri, tetapi mengandaikan faktor pembagi. Bagian diperlukan untuk keseluruhan, tapi bagian seolah-olah bisa dibaca sebagai keseluruhan. Agaknya, presentasi tidak sekadar soal bagaimana sesuatu ditampilkan, tetapi menyangkut asosiasi dan mediasi pemaknaan. Dengan kata lain, strategi presentasi mirip dengan tata bahasa yang memungkinkan hadirnya makna pada tuturan atau bahasa.
Apakah dilatari oleh ungkapan subjek-kedirian traumatis, kesadaran reproduksi-mekanik, pendayagunaan efek-efek simulakra, karya-karya kepingan menuntut cara melihat kita yang baru.
Melalui cara pandang itu, Langgeng Art Foundation/ LAF mengundang sejumlah seniman untuk menampilkan karya-karya mereka pada pameran “Kuota #4 -Kepingan”.
“Kuota” adalah sebuah proyek kilas balik, sebuah pameran tentang pameran, untuk mengamati kecenderungan tertentu karya-karya seniman Indonesia dalam dua tahun terakhir ini (2011-2013). Proyek ini diinisiasi oleh Langgeng Gallery sejak 2005 dan kini “Kuota #4 – Kepingan” diselenggarakan dan didukung oleh Langgeng Art Foundation (LAF).


SENIMAN
Agan Harahap
Albert Yonathan
Aminuddin TH Siregar
Anang Saptoto
FX Harsono
Maria Indria Sari
Nasirun
Theresia Agustina Sitompul
Tromarama

KURATOR
Hendro Wiyanto



1 komentar:

  1. Jadilah jutawan mendadak sekarang juga hanya bermain di sentapoker,com. Hanya deposit 15ribu kamu sudah bisa mendapatkan bonus 10ribu dan berkesempatan memenangkan hadiah ratusan juta hingga milliaran Rupiah! Jangan sampai ketinggalan dengan bonus yang akan datang nantinya hanya di sentapoker,com

    WHATSAPP : +6285921063064
    BBM : SENTA88
    LIVE CHAT : SENTAPOKER,COM

    SITUS POKER ONLINE RESMI
    DAFTAR SENTAPOKER
    PROMO POKER ONLINE
    CARA DAFTAR SENTAPOKER

    BalasHapus