Kamis, 29 Agustus 2013

METALLICA - Kebon Kosong, Kemayoran 2013



Seperti kata peribahasa lama, " Ada uang, abang disayang. Tak ada uang, abang ditendang". Kurang lebih seperti itulah yang saya alami.

Saya teringat pada masa-masa kejayaan saya dahulu, ketika uang bukanlah suatu masalah bagi saya. Ketika uang menjadi kekuatan utama saya, maka secara otomatis saya pun terseret masuk ke dalam dunia selebritas yang gemerlapan dan terkadang menyilaukan banyak mata. Musisi, bintang film, atlet, sampai para politikus kelas dunia pun rasa-rasanya hampir tidak ada yang tidak saya kenal.

Awal perkenalan saya dengan Metallica, dimulai pada medio 2009.  Seorang model yang kebetulan dekat dengan saya, mengajak saya untuk menemaninya menghadiri sebuah party yang diadakan oleh Lars Ulrich (drummer Metallica). Sebagaimana yang kita ketahui, selain penggebuk drum di band nomor 1 dunia, Lars pun seorang kolektor karya seni rupa. Wajar saja kalau saya dan Lars lekas menjadi seorang karib. Bisa dikata, di tiap party yang saya hadiri, pasti akan ada Lars.
Teman-teman Metallica yang lain, James Hetfield, Kirk Hammett dan Robert Trujillo sudah menganggap saya seperti saudaranya sendiri.
Apapun kesulitan yang mereka alami, baik itu dari segi keuangan sampai masalah-masalah pribadi, saya selalu siap untuk mendampingi dan membantu mereka.

Kedekatan saya dengan para personel Metallica secara otomatis membawa saya ke dalam kancah pertemanan yang lebih luas dan brutal lagi. Alkohol, narkoba sampai seks bebas sudah menjadi konsumsi sehari-hari bagi saya. Akibatnya, saya menjadi tidak konsisten dalam bekarya dan ini berdampak buruk pada keuangan saya. Pertemanan serta gaya hidup jetset yang saya jalani, mau-tidak mau menguras segalanya. Harta kekayaan yang saya kumpulkan dari hasil memotret selama ini, habis begitu saja dalam sekejap.
Teman-teman dari Metallica menyatakan kesediannya untuk membantu saya dengan menjadikan saya sebagai oficial fotografer mereka. Bahkan Lars Ulrich sempat meminta saya secara pribadi untuk menjadi art advisor baginya. Namun saya tidak mau merepotkan dan membebani mereka. Saya tahu bahwa kapasitas saya bukanlah disitu. Dan saya berprinsip tidak mau hidup dari rasa iba dan belas kasihan orang lain. Maka walaupun pedih, saya secara perlahan-lahan pun menarik diri dari dunia musik dan hiburan yang selama ini turut membantu karier saya.
Di tengah beban perekonomian yang semakin menghimpit, maka saya memutuskan untuk kembali ke Tanah Air dan mencoba untuk memulai lagi kehidupan saya dari awal.

Saat ini saya tinggal di sebuah apartemen sederhana di bilangan Kebon Kosong, Kemayoran. Sudah beberapa tahun belakangan ini saya mulai kembali menata kehidupan saya yang sempat carut-marut.
Bagi beberapa sahabat karib yang sempat berkunjung ke apartemen saya, mungkin merasa bingung  dan heran akan 'perbedaan' hidup yang saat ini saya jalani. Hampir tidak ada perabot mewah di apartemen saya. Hanya ada sebuah kompor kecil, lemari, 1 kasur tanpa tempat tidur dan sebuah komputer sederhana untuk menunjang pekerjaan saya. Oiya, dan saya baru saja membeli kulkas.

Bersama James Hetfield dan Lars Ulrich  - circa 2010
Waktu menunjukkan pukul 00.17 WIB. Saya yang baru saja selesai menyantap indomie masih memantau sosial media seputar konser akbar Metallica di GBK yang baru saja usai. Menurut beberapa praktisi musik tanah air, konser itu merupakan konser termegah yang pernah berlangsung di negara ini. Walaupun punya keinginan yang cukup menggebu-gebu untuk kembali menyaksikan sahabat-sahabat saya beraksi di atas panggung, namun saya tidak dapat hadir di pagelaran akbar tersebut karena (jujur saja) keterbatasan biaya. Sebatang rokok saya nyalakan guna mengusir bosan dan gelisah yang bergemuruh di dada.

" Ndrrttt..ndrttt.." Handphone saya bergetar tanda ada SMS yang masuk. Di layar monitor tampak sebuah nomor yang tidak saya kenal. Biasanya saya selalu mengacuhkan SMS dan tidak pernah mau mengangkat telepon dari nomor yang tidak dikenal. Maklum saja, saya pernah punya pengalaman traumatis karena diterror oleh debt collector guna mempertanggung jawabkan segala hutang piutang saya.

Selamat malam mas Agan, saya G*n*w*n  (sengaja namanya saya samarkan) dari B*l*k R**k E*t*rt*i*n*e*t. Saya diminta oleh James Hetfield dari Metallica untuk meminta alamat mas. Karena beliau hendak berkunjung. 

Di bawah kalimat dalam SMS itu ternyata terdapat sebuah foto. Sebuah foto dari seorang sahabat lama yang jauh-jauh dari negri Paman Sam hendak berjumpa dengan saya.
Sejujurnya, ada setitik rasa curiga ketika saya membaca SMS dan melihat fotonya. Sempat terlintas apakah ini perbuatan dari orang-orang yang menaruh dendam atas perbuatan saya dahulu. Ataukah ini hanya perbuatan dari handai taulan yang iseng. Setelah bergumul dalam hati, akhirnya sayapun membalas sms tersebut dengan memberikan alamat apartemen saya beserta ancer-ancernya

James Hetfield beserta pesan singkatnya untuk saya

SMS yang saya kirimkan ke nomor yang tidak dikenal itu tidak berbalas. Satu jam lebih saya gelisah menunggu di apartemen. Satu-satunya sms yang masuk adalah dari ibu saya yang mengucapkan selamat tidur dan agar saya jangan lupa berdoa.
Walaupun kehidupan saya jauh dari kesan religius, namun saya pernah dibesarkan dalam keluarga Kristen yang cukup taat. Ditambah lagi dengan berbagai kesulitan yang saya hadapi belakangan ini, maka sebagai seorang ibu, sudah sewajarnya beliau kerap kali menasihati saya agar tetap berserah diri dan sabar menghadapi segala cobaan ini.

Pukul 01.55 suara bel apartemen saya berbunyi. Orang yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. James datang ditemani oleh seorang crew dari B*l*k R**k E*t*rt*i*n*e*t  yang memegang sebah kamera pocket guna mendokumentasikan kegiatan Mettalica selama di Jakarta. James yang memang sudah menganggap saya sebagai saudaranya sendiri tampak berkaca-kaca melihat kenyataan hidup yang saya alami kini.  Tak lupa James menyampaikan salam dari rekan-rekan sejawatnya di Metallica yang kebetulan berhalangan hadir. Sebuah pertemuan yang cukup mengharukan.
Tangis haru segera berganti dengan keceriaan ketika saya dan James mulai bercerita tentang kegilaan-kegilaan masa lalu yang pernah kami lewati bersama. Namun kini itu semua hanya tinggal cerita saja. Baik saya maupun James udah berubah, kami tidak bisa dibilang muda lagi. Kami sudah memulai untuk hidup lurus, menjauhi narkoba dan pesta pora serta lebih mendekatkan diri pada Sang Khalik.

Perjumpaan antara dua sahabat yang sempat terpisah lama


Banyak hal yang kami perbincangkan dalam kesempatan yang berbahagia itu.  Mulai dari pawai FPI yang baru saja berlangsung siang tadi, suasana panggung politik di Senayan, sampai pada musisi lokal tanah air.
Tanpa disangka  James ternyata memiliki ketertarikan yang cukup besar pada geliat musik dalam negeri. Wajar saja, namanya juga musisi. James, yang notabene seorang penggemar musik country, punya rasa ingin tahu yang cukup besar terhadap band-band tanah air yang setia mengusung musik country.

JH: 'Dude, please tell me more about Coboy Junior! Are they good? Because i love country music! And I'm a big fan of Willie Nelson, Dolly Parton and Shania Twain! Ucapnya antusias..

Setelah saya menjelaskan lebih lanjut tentang grup musik Coboy Junior dan sepak terjangnya di blantika musik Tanah Air, James hanya terdiam kecewa sambil menatap kosong.
Kekecewaannya berlanjut ketika saya bercerita tentang grup vokal Coboy ( boyband 90-an yang digawangi oleh Ali Mustafa, Gilbert, Ponco, dan Fery) ternyata tidak membawakan musik country. 

JH: 'Dude, do you have something to drink? I'm thirtsy man.. I haven't drink anything since the concert'. Ucapnya memotong penjelasan saya.

Me: 'Well, Im sorry man, I dont know you would come. And I don't prepare something good for you. I only have a vodka.

Saya lalu mengeluarkan beberapa botol vodka gepeng Mansion House yang sengaja saya simpan untuk moment-moment khusus seperti ini. Maklum saja, dengan keadaan ekonomi seperti sekarang, saya hanya mampu untuk membeli yang vodka murah namun cukup ampuh untuk menceriakan hidup.
James nampak sejenak agak terlihat enggan untuk meminum vodka gepeng yang saya suguhkan. Namun dengan didasari oleh rasa persahabatan dan masa lalu, maka kami pun meminum air api itu.



Ekspresi James ketika saya menghidangkan vodka gepeng

Gelas-demi gelas meluncur mulus membasahi tenggorokan kami. Didasari oleh rasa penasaran yang begitu tinggi terhadap band Coboy Junior, maka James memohon kepada saya untuk memutarkan lagu-lagu mereka.

"Kenapaa De lagi de lagi de lagi.. Kok gak er er.. Er er.."
( adapun D dan Rr adalah kode yang menunjukkan sudah dibacanya atau belum dalam sebuah pesan blackberry messenger)

Lagu 'Kenapa Mengapa' dari Coboy Junior menghentak keras dari komputer di kamar saya. Dan James yang sudah mulai oleng tampang ber-headbang mengikuti irama musik pop anak-anak itu.
James ternyata sangat kagum dengan sistematika penggunaan gadget (blackberry) dalam lirik lagu itu. Menurutnya, ini adalah lagu yang cukup kontemporer, ketika anak-anak sedini mungkin dapat berkenalan dan bersahabat dengan teknologi yang dapat memudahkan kehidupan ini.

JH: 'Dude, this is not a country music! But they're awesome man!'

Katanya sambil tetap menggoyang-goyangkan kepalanya (headbang).

Menurut James, andai saja Coboy Junior memulai karier mereka di Amerika, tentu nasib mereka akan berbeda dari sekarang. James yang sudah mulai melantur berbicara banyak seputar lirik melayu yang menurut nya cukup puitis dalam menyampaikan pesan dalam musikalitasnya. Dalam satu kesempatan di malam yang berbahagia itu, James pun menyatakan keinginan terdalam dari dasar lubuk hatinya untuk berkolaborasi dengan musisi tanah air. Sambungnya lagi, dalam beberapa pagelaran beberapa tahun lalu, Metallica pernah mencoba membawakan lagu berbahasa Indonesia, dan mereka pun menuai tanggapan positif dari para penggemar dan kritikus musik dunia.

Waktu sudah menunjukkan pukul 4 pagi kurang. James harus segera berangkat untuk pulang ke negaranya.

"James, We should stop this alcohol..It's not good for our health. And we're not young anymore". Saya mencoba untuk menyadarkan James akan bahaya alkohol bagi orang-orang yang seusia dia. James yang sudah mabuk berat dengan sengit menanggapi nasihat saya " Like I caree..?!?!  Bring me that f*ckin vodka!! "
Atas nama pertemanan, saya dengan berat hati kembali membuka botol ketiga. Botol terakhir dari persediaan saya di lemari. Sepengetahuan saya, James sudah berhasil mengurangi kecanduannya terhadap alkohol dan narkoba serta sudah memulai kehidupan yang menyehatkan. Saya tidak mau dicap sebagai orang yang menjerumuskannya kembali ke dalam bahaya mirasantika dan maksiat.
Sembari menemaninya minum, saya berupaya untuk kembali membawanya ke jalan yang lurus sekaligus menyadarkannya dengan siraman rohani semampu saya.
Saya mencoba mengingatkannya tentang hakikat kita hidup di dunia fana ini, serta tanggung jawab kita pada Sang Pencipta saat ajal kelak akan menjemput kita.
James Hetfield yang walaupun sudah mabuk berat, sesekali menganggukkan kepalanya tanda setuju.


James pun akhirnya mabuk tertidur setelah menghabiskan 3 botol vodka gepeng

" Sio mama e....beta rindu mau pulang'e
Sio mama e....mama su lia...kurus lawang'e
Beta balom balas mama...
Mama pung cape sio dolo'e
Sio Tete Manis'e, jaga beta pung mama eeeee... " 

Tanpa sengaja playlist lagu di komputer saya memutar lagu Sio Mama. Lagu yang berbahasa Maluku itu menceritakan tentang kerinduan terhadap ibunda yang jauh di desa. James dengan terbata-bata tampak mengikuti lagu yang cukup cathcy itu..
Setelah saya menjelaskan isi dari lagu tersebut, saya melihat setitik air mata yang jatuh dari sudut matanya yang terpejam..

JH  : " Dude, this song is killing me softly..  I miss my mommy,.. I wanna go home.. " ujarnya pelan.
Me : " Relax James, you can stay here for a while until you get sober.. "

James yang sudah sangat mabuk, membuka sedikit kelopak matanya dan menatap saya dalam-dalam.
"Hey dude,.. Torang samua basudara.. "  ucapnya perlahan dengan logat Inggrisnya yang kental. Lalu James pun kembali tertidur.
Saya cukup kaget mendengar ucapan yang keluar dari mulutnya itu. Entah darimana pula dia bisa-bisanya berucap dengan bahasa Maluku. Memang ada-ada saja hal ajaib yang terjadi ketika kita sedang mabuk.

Langit sudah mulai terang dan James masih tertidur di meja makan. Saya hanya dapat duduk diam menghela nafas panjang sambil berdoa dalam hati agar kedatangan Metallica di Jakarta serta perjumpaan kami malam ini setidaknya tidak berdampak buruk pada karier musikalitas mereka di masa yang akan datang..

Amin..

179 komentar:

  1. Buset dah mas Agan Harahap sakti bener, sahabatnya bukan orang sembarang, musisi top dunia, dan kerenya tak hanya sebatas kenal namun juga akrab, saya yakin 9 dari 10 orang yang baca tulisan ini ngiri tingkat dewa, termasuk saya.. hahahaha :D

    BalasHapus
  2. James Hetfield betul2 orang "BESAR". Legenda metal hidup, masih loyal & inget temen lama & bersusah payah nyariin. Makin salut sama Metallica. Mas Agan, sukses yaaa!!! \m/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro, ente ketipu sotosop! wkwkwkwk

      Hapus
    2. hahahahah... Editan-nya berasa bngt... hahahahahha
      kasihan niih org

      Hapus
    3. Gile lu ndro, ente yang kasian, butuh skill men bwt ngedit sotosop sebagus ini, ngga kaya ente yang skill ngebacot nya aja dipertanyakan.

      Hapus
    4. hahahaha.... ndro..ndro... pulang gih, cebok dulu mulut ente

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. mantap, keren persahabatan ente mas Agan, salut juga buat James Hetfield, ngga lupa sama temen lama walaupun udah jadi orang besar.. semoga sehat & sukses mas..

    BalasHapus
  5. Kereeeen Gaaaaan,Aneeee ngiiiiiiriiiiii baaaaaangggggeeeeeeet.....!!
    Fuuuuul Reeeeeessssspppppeeeeeccccttt....!!!

    BalasHapus
  6. Mas Agan harahap, pengalaman pribadi mas Agan harahap yang tertulis di postingan ini sudah saya bagikan juga di kaskus mas, banyak yang kaget dan ngga percaya, wong saya aja tadi waktu awal baca postingan ini juga ta kirain cuma postingan becanda, eh ternyata beneran, penuh ispirasi sekali persahabatan mas Agan dengan kawan-kawan Metallica, ini mas link thread kaskusnya, ~> http://www.kaskus.co.id/post/521f68a5f8ca17c902000005

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halah elu, editan gini malah lu percaya malah disebar ke kaskus pulak!!!!!

      Hapus
    2. haha goblok tuh si yos,,, cerita hoax pake diangkat ke kaskus,,memalukan dasar goblokkk

      Hapus
    3. Sante aja kali coy. Kalo ada cerita candi prambanan dibikin dalam semalam terus harus beneran terjadi gitu? Namanya juga cerita, kreatifitas lah. Bagaimanapun ini skill photoshopnya tinggi, penulis juga secara terselubung udah bilang kalo ini photoshop dengan menunjukkan gambar yang rambutnya beda.

      Hapus
    4. Gan, ane curiga jangan2 ente ALIEN...

      Hapus
  7. wow!!! keren!!! semoga Agan Harahap mendapat pencerahan setelah kunjungan James.

    Salam persahabatan!

    BalasHapus
  8. Trenyuh! ... James selain sopan ternyata setia kawan,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas Oy..bkin dong..persahabatan dgn Zwingly dan Cungkring..hehe

      Hapus
  9. Tpi Gaaan Bisa Jelasin gak,soal rambut ente yang botak pada pic ke 3,sedangkan pic 1&2 agaan rambutnya belom botak...

    apa karna temu kangen agan minta potongin rambutnya sama om James yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain rambut,, tato di tangan kirinya juga ilang hehe

      Hapus
    2. benernya itu clue alias petunjuk kalo foto itu editan...hehehehee
      *catetannya kalo pada merhatiin hihihihihiii

      Hapus
  10. James Hetfield ke Kebon Kosong? Di Kemayoran itu? Luar biasa...surprise...amazing...\m/ "o" \m/

    BalasHapus
  11. Photoshop master deh gan.. Ajarin doooong *peace

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jempol to Dimas Lavy ... :) w juga mao minta Ajarin donk \m/

      Hapus
    2. Mas, kalah lo mas.. haha :)

      Hapus
  12. TOYIB ... TOYIB .... hahahaha

    BalasHapus
  13. Persahabatan yg cadassss... \m/

    BalasHapus
  14. gw gak percaya foto ke 2 dari bawah
    keren keren editannya

    BalasHapus
  15. saya juga temenan baik ama James Hetfield..klo ga percaya ni fotonya..

    http://3.bp.blogspot.com/_68oWEjG2-1c/TNrRLKbjXBI/AAAAAAAAAus/J0CMVqu-ygE/s320/DSC05549.JPG

    BalasHapus
  16. meski gua bukan pemabuk.. hehe, tapi cerita ini asli KEREN BANGET. gak ngira James Hetfield begitu membumi dan setia kawan. salam kenal bung Agan! \m/

    BalasHapus
  17. Kocak gan, hahahaha.. ane ngakak abisss setelah sadar abis ngeliat behance agan. salut!

    BalasHapus
  18. DASAR TUKANG TEPU LU TOT.. mimpi ga kesampean ye?

    BalasHapus
    Balasan
    1. elu aja tolol, di seriusin dasar tolol

      Hapus
    2. woii supernova KONTOL santai kali TOL lo aja yang bego udh jelas ini buat lucu lucuan

      Hapus
    3. sensi amat superkontol

      Hapus
  19. ternyata hoax pemirsa :ngakak

    BalasHapus
  20. Next Ramaditya.

    BalasHapus
  21. ngakak keren gan..
    imajinasinya bener bener liar..

    BalasHapus
  22. Hahaha.. seorang cyber kena tipu... seorang cyber kena tipu... ( Kasino.mode.On) haha
    MANTAP bin KEREN BOSS AGAN... Salam kenal .. Good Imagination ... Salute .. hehe

    BalasHapus
  23. rapih bgt gan,ane mau dong kursus ama agan.srius nih

    BalasHapus
  24. wkwkwkwkw gila nyaris sempur #nyaris,tapi salut gan ente berani

    BalasHapus
  25. Sotosopnya masih ninggalin jejak Gan, harusnya ente jangan minum vodka gepeng dulu. Tar aja kalo dah kelar ngeditnya

    BalasHapus
  26. ak terharu mas :( saya mau beliin vodka bahkan minuman yg om james suka untuk kembali ke moment itu

    BalasHapus
  27. Setau saya sih james hetfield seorang straight edge

    BalasHapus
  28. http://lpmetalworld.blogspot.com/2010/11/metallica-no-rock-in-rio-iv-lembrancas.html
    on the positive note, excellent photoshop skill :)

    BalasHapus
  29. weitssssss....ternyata cuman HOAXXXX...
    http://3.bp.blogspot.com/_68oWEjG2-1c/TNrRLKbjXBI/AAAAAAAAAus/J0CMVqu-ygE/s1600/DSC05549.JPG
    http://4.bp.blogspot.com/_68oWEjG2-1c/TNrT2-1Y29I/AAAAAAAAAu8/4s6oBQNJQi4/s1600/DSC00122.JPG
    hahahaha...teruskan perjuanganmu bro :D

    BalasHapus
  30. Nice Photoshop man..
    your skill is amazing..
    awesome Trick eye..

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. saya terharu dengan persahabatan yang luar biasa...

    BalasHapus
  33. kok gak d postin saat agan cukur rambut..!!

    BalasHapus
  34. anj****ng, keren gan. Hahahahaha... \m/

    BalasHapus
  35. knapa waktu ngapusin tatonya gak d postin juge..!!

    BalasHapus
  36. Mentalitas penipu, kreatif abal2, badut tolol

    BalasHapus
  37. kyanya untuk bagian :

    "Biasanya saya selalu mengacuhkan SMS dan tidak pernah mau mengangkat telepon dari nomor yang tidak dikenal. Maklum saja, saya pernah punya pengalaman traumatis karena diterror oleh debt collector guna mempertanggung jawabkan segala hutang piutang saya."

    adalah pengalaman pribadi si agan nih..... ahhahahahaha.....

    BalasHapus
  38. KEREN HAHAHAHAHA

    BalasHapus
  39. skill sotosop kambingnya dewa... ajarin gw bro

    BalasHapus
  40. gan hararap ente ngarep pa mengharap? ...skill ente ane ksh 5star, tp sayang palak peyang ninggalin humor yg bikin coment ngakak...salut ma ceritane ! Metalhead no hair....,,,

    BalasHapus
  41. penulis membuka kebohongan pada photo terakhir....sayang deh...hehe

    BalasHapus
  42. Nih yang penasaran dan mau liat karya lain sang dewa DI klik
    http://www.flickr.com/photos/31199746@N02/

    ini karyanya yang dikaui dunia internationa dan dimuat di Wired Magazine ISA http://www.wired.com/magazine/2009/12/pl_playlist_1801/6/

    Yang ini di Telegraph UK
    http://www.telegraph.co.uk/news/picturegalleries/howaboutthat/7146519/Pictures-of-superimposed-superheroes-and-villains-in-wartime-by-Indonesian-artist-and-illustrator-Agan-Harahap.html?image=1

    atau di Googling aja serach : agan harahap - superman
    hasilnya foto2 yang diakui dunia sebagai karya seni baru

    BalasHapus
  43. Hahaha imajinasi dan retouch foto tingkat tinggi. Walaupun tertipu tapi salutlah :)

    BalasHapus
  44. Balasan
    1. editan "inis & amink" gw belum apa-apa dibandingkan ini sih :(

      Hapus
  45. anjriitttt.............keren tipuan haluss muluss

    BalasHapus
  46. anjiirrrr, sumpaaahhh ngakaaak. Editannya kereen, tapi kalau bener2 teliti keliatan editannya. Lebih ngakak baca komeng2 yg pada percaya....hahahaha..LOL

    BalasHapus
  47. wakakakkk..........ikutan ngayal dong gan....kyknya ciamik banget khayalannya......sotosop nya canggih euy....

    BalasHapus
  48. keren bro meskipun modusnya pake bayangan,
    gilak jagonya

    BalasHapus
  49. imajinasi nya n666eri

    BalasHapus
  50. apanya yg keren nih...mabok...mabok..mabok....

    BalasHapus
  51. aku suka baca tulisannya... walau agak sedikit berkaca-kaca sekejap.... Tetap semangaat, en sukses selalu buat Oom Agan... - siscaje-

    BalasHapus
  52. Mantaaaaaap Bro!! Salute ma skill photoshop loe, asli ngiri gw!! T O B!!

    BalasHapus
  53. juara si agan , james doyan vodka gepeng.. bangsaaat!! :)))))))

    BalasHapus
  54. foto terakhir itu sengaja di buat flaw
    supaya kita tau kalo hoax
    ini suppose to be a light reading aja
    don't take it serously

    but take it seriously kalo karya dia yang hulk di jual di sotheby's

    BalasHapus
  55. wkwkwkwkwk harusnya minumannya inti sari bro....

    BalasHapus
  56. coba dibuka link yg metallica pernah membawakan lagu berbahasa Indonesia di atas

    udah ketahuan kalo tujuan Agan disini memang buat lucu-lucuan hahaha

    BalasHapus
  57. sotosopnya masih kurang dikit..focusing sama nge-path si James hetfield (rotoscoping rambutnya masih kasar).. aniwei mendingan yang di khayalin Anne hataway or adriana lima gitu kek..trus adegannya ngewe.. masa adengan nya mabok vodka gepeng di kebon kosong ? Huahahahahahaaa...

    BalasHapus
  58. sampaaah... hahahaa... ancur luo gan hahahah :))))))

    BalasHapus
  59. Sumpah, keren abissss
    Artikel ini semacam ajang pamer dari Agan akan keahliannya mengolah mie rasa soto

    Asli kagum gwa
    Coba kalo photo terakhirnya nga dimasukin, bakalan geger dah metalhead se endonesah
    :D :D :D

    BalasHapus
  60. gokil!!! hahaha gue ampir ketepu dah, untung ada pict ke 3 nah lho tiba tiba botak! hahaha keren keren! dunia tau agan harahap.

    BalasHapus
  61. BWAHAHAHA.. Kreatif vro!

    BalasHapus
  62. wkwkwkw.. kreatif mas.. menghibur..

    BalasHapus
  63. siiip tenan....kweren olahannya Gan....salut..

    BalasHapus
  64. wuanjeerrr.....sitimiwir ndro... lanjut gan :))

    BalasHapus
  65. hail to this master digital imaging

    BalasHapus
  66. keren banget mas agan...salut juga sama james yang membumi yah, ....

    BalasHapus
  67. salut!
    semangat berkarya terus
    :)

    BalasHapus
  68. salute.....
    karir,persahabatan,kenyataan hidup,kemewahan dan rohani menjadi satu dan simple untuk dipahami...
    dua jempol buat anda saudara.....

    BalasHapus
  69. buahahhahaaaha kreatip brooo two thump up .. foto trahir harusnya jng dimasukin broo biar heboh hahaaaha

    BalasHapus
  70. Indahnya persahabatan... Mantap editan Gan

    BalasHapus
  71. wkwkwk yg ngeditnya parah :D

    BalasHapus
  72. Ane mau banget di editin :D

    BalasHapus
  73. sayang banget poto terakhir gan, crop rambutnya msh terburu2. saya tetep acung jempol deh

    BalasHapus
  74. KOPLAK!!!!!! GUNDULME PEKOK DAB!!!!!!!!! WAKAKAKAKAKAKAK!!!!
    LEH MU NGAPUSI JIAN JIANCUK TENAN BUAJINGAN!!!!!!!!

    BalasHapus
  75. fotosopnya hebat gan.. tapi yang lebih joss lagi adalah story-tellingnya itu loh :D

    BalasHapus
  76. bangke :)) "Hey dude,.. Torang samua basudara.. "

    BalasHapus
  77. whatever, keren banget karya2 dia.... salut....

    BalasHapus
  78. Mantaaaaapppp ... ni orang deviantart!!!

    BalasHapus
  79. KReen bang.. koplak masa hetfield dengerin coboy junioor?? U lucu abisss

    BalasHapus
  80. Tulisan yang bagus, bisa menghipnotis pembacanya. tapi lebih bagus jika moment ini benar terjadi dan saya tunggu tulisan berikut nya ya, Mas agan !

    BalasHapus
  81. tukang ngedit fot lagi nyari sensasi :P

    BalasHapus
  82. Gileee... photoshopnya level dewaaa... kereeeennn mass... \m/

    BalasHapus
  83. Hampir ja ane kena tipu...Untung ja agan Harap cuma master di sotoshop, gak di cerita nya...lol. Thumbs up to Agan Harahap.

    BalasHapus
  84. Ane ngakak scream marmut nih gan jadinya kalo tiap baca komeng2 yg serius n percaya wWkakwkaka..

    BalasHapus
  85. njir sotoysop kampreett wkakaka

    BalasHapus
  86. ASEM! ASEM! hahaha gokil gan ente editingnya super banget -_________- ketipu ane gundul botak! asu! wkwkwk astaga ane kira betulan gan, mending ente sekalian jadi manipulator dah -_- wkwk salut untuk TOYIB!

    BalasHapus
  87. ANJING!!!! kirain beneran!!!

    BalasHapus
  88. koplak sejak kapan metalikan mabok botol gepeng................kooooppppllllaaaakkkk editan PSnya alus

    BalasHapus
  89. Keren!
    A state of art ini editannya, salut Mas! :)

    BalasHapus
  90. bangkeeeeeeeeeee.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang kaya gini kereeeeen gan. bener bener menipu sumpah seni man ..

      Hapus
  91. sotoshop tingkat professional nih gan... rapi bgt..
    ceritanya jg kaya beneran :ngakak

    BalasHapus
  92. wuanjinggggggg.....sotosop lu jg juga nyet

    BalasHapus
  93. sakit nih orang.. hahaha..

    BalasHapus
  94. hahahaha, gile bener sob gokil banget XD
    semoga impian ente jadi kenyataan semua suatu hari nanti :D
    bisa ketemu dengan seleb dan figur yg ente kerjain fotonya :p

    BalasHapus
  95. mimpi kali ye..hahaha

    BalasHapus
  96. KOAWKOAKWOAOWKOKAWOAKO. AJARIN SAYA PHOTOSOP DONG BRO.. JAGO BENER ENTE :V

    BalasHapus
  97. hiahihaihaihai... keren si agan.. yu ah kita ngeinspirasi lagi di pulau seribu bareng jonjot

    BalasHapus
  98. hahaha... DI tingkat dewa dah Agan, sampe bikin bingung tingkat social media twitter... =)))

    BalasHapus
  99. Anjiiiing Keren gan ini baru neh sebuah CERITA, gue bisa merasakannya gan. Trima kasih gan, lo membuat seorang metalhead senang hari ini...

    BalasHapus
  100. ooo... jadi sebelum ngasih vodka terakhir cukur rambut dulu?

    BalasHapus
  101. dari tinggi badannya si james 185an, hebat kali mas Agan ... pake kursi ya poto barengnya hahaha

    BalasHapus
  102. Saya suka dengan blog yg keren dan kreatif, sedikit liar dan mesti jeli untuk menikmati blog ini. Maju terus Agan Harahap...

    BalasHapus
  103. kreatif.. liarkan imajinasi! seliar2nya!

    BalasHapus
  104. keren bro agan emang...gw salut sama beliau semenjak kita short course bareng di Quantico,Virginia, bakat doi buat jadi agen kelas dunia emang mantapp!!...salut bro agan...salam korsa !

    BalasHapus
  105. Sempat terlintas apakah ini perbuatan dari orang-orang yang menaruh dendam dahulu. Ataukah ini hanya perbuatan dari handai taulan yang iseng. Setelah bergumul dalam hati, akhirnya sayapun mengetahui ini adalah bukti bahwa james hetfield dan agan harahap sedang pengen ngisengin orang.

    BalasHapus
  106. Teliti dan teliti !!!

    BalasHapus
  107. Gan.. kapan artis lokql di giniin yak... sotosopnya emqng tingkat dewa deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak males kalo artis lokal mas. Takutnya mereka ga siap secara mental.

      Hapus
    2. Seringai aja om, kan sama2 kocak. :D

      Hapus
    3. haha seringai mah udah sering dari dulu broww

      Hapus
  108. Keren gan... inspiratif banget soal editingnya.. Bisa-bisa JH mati ketawa baca kisah ini.. :D

    BalasHapus
  109. HAHAHAHAHA.. kocak ceritanya! "Torang samua basudara." :D

    BalasHapus
  110. agan "nepu"nya masih "ketauan", moso' situ gambar paling bawah udah "cepak" aja, kan ketauan ente nipu pake sotoshop, mnding jgn dipublish dulu editan sotoshop-nya kalo blm "perfek" #Cek&RicekDulu....

    BalasHapus
  111. sangat cetarrrr membahana, lupakan tipuan2 phosotoshopnya...
    alur ceritanya sangat menghanyutkan....

    BalasHapus
  112. sing do keseriusan le nganggepi ki jian, do kurang piknik...
    wong yo cen gojek lhoooo...

    BalasHapus
  113. Semoga James Hetfield membaca ini dan mendapat pencerahan ... ehehehe

    BalasHapus
  114. hahahahahahahahahahahahahahahahahahahaha

    BalasHapus
  115. Watdefak!!! Anjroy!! Gokil!! Apalagi yak kalimat yang bisa ane pake buat komeng?!?
    Salut gan!!

    BalasHapus
  116. hahahahahaha.... ini baru blogging tingkat dewa!!!!

    BalasHapus
  117. good creative, nice story telling, smooth design.. you're rock dude, keep the faith \m/ salute..

    BalasHapus
  118. coba ceritanya jgn dengerin coboy junior, tp dangdut ! "buka dikit ! joss !!" bisa goyang bang jali tuh si james, haha

    BalasHapus
  119. Saya baca semua komentar. Bagian awal berisi terheran-heran dan kagum. Bagian berikutnya mulai ada yang menyangkal. Bagian mutakhir sepenuhnya kagum pada rekayaya digitalnya. Hahaha, dukungan gaya si Agan ini memang sudah punya syarat untuk “memaksa pembaca agar menyelesaikan hingga bagian akhir cerita”. Haha

    Sekarang, lihat statistik viewer-nya, Mas Agan, sudah berapa kali dilihat itu! Hahahahah…..

    BalasHapus
  120. wideeehhhh....!! mantappp.....!!
    boleh juga nie orang taktiknya buat naekin rating....

    di tunggu gan cerita berikutnya, tidur satu malam ama lady gaga mungkin.... jiahahahahaha...........

    BalasHapus
  121. Gan... bikin cerita DI mabok sama artis lokal macam akiq, wimo dan angki...
    eh itu mah kisah nyata yak :P

    BalasHapus
  122. Waaaaahhhh sangat istimewa.... jempolll

    BalasHapus
  123. sumpah keren banget sotosop nya !!! mas ajarin mas sampe jernih kaya gini sayang banget mas rambutnya beda sih jadi terlihat perbedaannya

    BalasHapus
  124. hahaha jago banget nih abang ngarang

    BalasHapus
  125. "JH: 'Dude, please tell me more about Coboy Junior! Are they good? Because i love country music! And I'm a big fan of Willie Nelson, Dolly Parton and Shania Twain!"

    wkwkwkwkwk Koplak ni orang

    BalasHapus
  126. Bikin ngakak gan... ditunggu cerita dari artis yang lain gan.

    BalasHapus
  127. cakep gan ,,
    bukan di awal ,,
    tapi di akhir yang memang kita harus mampertanggung jawabkan kpd sang khalik ,,
    nice

    BalasHapus
  128. mantafff.... kerennn gannn...

    BalasHapus
  129. Cakep gan editannya... Mantep!!!!

    BalasHapus
  130. editan nya goblok banget .... awal nya tangan kiri gak ada tatto trus ada tatto nya abis itu gak ada lagi wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  131. koplak si James dengerin lagu coboy junior wkwkw..
    keren imajinasinya + photoshop nya...salute

    BalasHapus
  132. sederhana, clue sengaja dibuat agar mata bukan lg sekedar penerima cahaya dan warna, bentuk dan rupa dg mentah.
    bukan lg kecerobohan apalagi ketidakkonsistenan.
    bila pun ceroboh tak mungkin semua tools di sopsoto dilahap dahaga dan ketahuilah builder sotosop sgt mengaguminya...betapunpun sempurnanya alat alat mereka diperlakukan secara liar nan dramatis.
    BRAVO...KEEP WILDEST IMAGINATION!

    BalasHapus
  133. Cerdas loe Gan,..

    BalasHapus
  134. POTO TERAKHIR PAS JAMES HETFIELD MABOK, KOQ RAMBUT AGAN JADI BOTAK??? ITU YG NYUKUR RAMBUT AGAN JAMES NYA SENDIRI... HAHAHAHA...KURANG HALUS EDITAN SOTOSOPNYA GAN HAHAHAHA

    BalasHapus
  135. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  136. wkwkwkwk bro.. klo ada kerjaan DI gw oper ke lu dah wkwkkwwk

    BalasHapus
  137. Keknya April Mop ud lwt deh wkwkwkkw

    BalasHapus
  138. mas agan ada ebook soto gak pengen dong belajar edit foto bareng idola kalo ada harganya berapa ??? please reply

    BalasHapus